Pages

Sabtu, 05 Januari 2013

Buka Wawasan dengan Teknologi Internet



Kemudahan-kemudahan dalam dunia teknologi semakin hari, semakin menjamur. Apalagi kemajuan dalam sistem komputerisasi dan telekomunikasi yaitu internet. Internet sangatlah bermanfaat dalam kehidupan manusia moderen dalam segala aspek. Dengan adanya internet komunikasi dan informasi yang awalnya tidak mungkin ataupun sulit dijangkau sekarang menjadi mudah. Para pebisnis, pelajar, aparatur pemerintahan, dll. menjadi merdeka akibat kemudahan pengaksesan internet yang dapat membuka dan memperbanyak wawasan mereka tentang segala hal. Khususnya para pelajar dan mahasiswa serta orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, merasa sangat terbantu dengan adanya internet.
Kita harus mengakui bahwa manfaat adanya internet sangatlah berpengaruh dalam dunia pendidikan. Pasalnya, dalam sebuah survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2012 baru-baru ini, menghasilkan sebuah fakta bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 63.000.000. Dan pengakses terbanyak dikuasai oleh usia produktif mulai dari 12-34 tahun dengan total prosentase sebanyak 64,2 % dari total pengguna internet keseluruhan di Indonesia yang telah disurvei di atas.
Para pendidik semakin berlomba-lomba mengupdate informasi yang bermanfaat bagi anak didiknya. Sedangkan anak didiknya pun tak mau ketinggalan, mereka berusaha menciptakan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi khalayak umum dan disebarkan melalui kecanggihan internet sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengetahui dan menikmati hasil karyanya. Bukan hanya itu, kemudahan mendapatkan informasi sangatlah membantu para pelajar dan mahasiswa dalam menyusun setiap tugas-tugas yang diberikan oleh tentor mereka. Browsing pada “Google” adalah jalan pintas yang sering dilakoni oleh pelajar untuk mengunduh berbagai informasi secara cepat dan praktis sebagai media pembanding dalam teori-teori yang mereka dapatkan selama ini. Namun, dari banyaknya kemudahan internet bagi dunia pendidikan, ada beberapa kendala sehingga beberapa komunitas pelajar di pelosok negeri ini terutama yang berdomisili di daerah terpencil tidak dapat menikmati keistimewaan dan kecanggihannya. Itu menjadikan sebuah ironi tersendiri dalam dunia pendidikan.
Terlepas dari kendala di atas, pemerintah Indonesia sudah dan masih berupaya untuk meningkatkan penyebar luasan sistem komunikasi di seluruh Indonesia. Agar bisa mampir dan menetap di desa-desa serta pelosok terpencil yang belum dijamah dengan kecanggihan teknologi moderen internet. Dengan berjalannya waktu dan pemerataan tersebut, memungkinkan dunia pendidikan Indonesia bisa menjadi lebih baik. Karena informasi telah mudah untuk diperoleh dan dinikmati. Dan bangsa Indonesia dapat lebih kreatif dan berkembang dalam menciptakan berbagai temuan-temuan baru yang dibantu dengan merefrensi dari internet. Siapkan filter diri dan wujudkan teknologi yang berkarakter dan positif dalam lingkungan pendidikan Indonesia. Tetap semangat dan terus berprestasi !!

0 komentar:

Posting Komentar