Pages

Sabtu, 05 Januari 2013

Manfaat Media Teknologi dalam Dunia Pendidikan



“ Dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berpengaruh pada 5 aspek proses pembelajaran yaitu meliputi: 1) dari pelatihan ke penampilan, 2) dari ruang kelas menjadi di mana dan kapan saja, 3) dari kertas menjadi “on line” atau softcopy atau saluran, 4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, 5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dengan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan media-media tersebut,” (Rosenberg, 2001).
Dari dahulu pendidikan merupakan suatu prioritas utama dalam kehidupan. Banyak sekali metode-metode pendidikan yang sampai saat ini masih digunakan dan disampaikan oleh para pendidik kepada anak didiknya. Namun dalam perkembangan zaman ada beberapa metode yang terkesan kuno dan ditinggalkan oleh para pendidik dan beralih pada metode yang moderen yang berbasis pada teknologi. Adapun metode-metode yang berbasis teknologi yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan saat ini adalah:
a. E-Learning
LearnFrame.com dalam Glossary of e-Learning Terms (Pustekom) menyatakan suatu definisi tentang e-Learning yaitu e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone. Kita semua tentu mengenal internet, salah satu pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan adalah sebagai media e-Learning. Victoria L. Tinio menyatakan bahwa e-Learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan formal, maupun non formal. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa jaringan komputer (intranet ataupun ekstranet) untuk pengantar bahan ajar, interaksi, serta memfasilitasi. Untuk pelajaran yang sebagian berlangsung menggunakan jaringan internet atau online learning.

b.E-Book
E-Book atau buku elektronik adalah salah satu metode teknologi dalam dunia pendidikan yang menggunakan fasilitas komputer untuk menampilkan informasi dalam bentuk file atau data digital yang jangkauannya legih luar ketimbang buku konvensional. Melalui media teknologi ini ratusan informasi dalam bentuk buku digital dapat kita simpan dalam bentuk keping an DVD ataupun CD dan juga melalui memory eksternal atau flashdick.

c. Jejaring Sosial
Suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul atau kumpulan individu dalam suatu kelompok ataupun berdiri sendiri yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. yang dihubungkan melalui media online itulah yang disebut jejaring sosial. Melalui jejaring sosial ini kita bisa saling berdiskusi maya saling bertukar pendapat dan berbagi informasi luar seputar dunia pendidikan, bisnis, dll. Adapun contoh beberapa jejaring sosial yang sangat banyak penggunanya adalah facebook, twitter, youfriends, friendster, ketiker, hi5, myspace, dll.
Selain 3 manfaat dalam uraian di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat teknologi dalam pendidikan yang lain. Adanya teknologi ini sangatlah membantu dalam meningkatkan pendidikan bangsa yang awalnya “GapTek” menjadi “HiTek”. Namun kita tetaplah harus waspada dengan perkembangan teknologi, teknologi yang bersifat merusak dan tidak pantas untuk ditiru dan dikembangkan harus cepat-cepat kita basmi. Sehingga generasi kita selanjutnya tidak menjadi generasi yang cacat moral yang berakibat buruk bagi bangsa dan negara.  Siapkan filter diri dan wujudkan teknologi yang berkarakter dan positif dalam lingkungan pendidikan Indonesia. Tetap semangat dan terus berprestasi !! 

2 komentar:

absolumnaiman mengatakan...

Top 3 new Titanium cartilage earrings - TITaniumArt
Top 3 new Titanium cartilage earrings · head titanium ti s6 Totanium titanium uses Art titanium trim walmart is inspired from traditional Japanese art. · Totanium Art is inspired titanium steel from traditional titanium symbol Japanese art. · Totanium Art is

thoodaez mengatakan...

advice dildos,dog dildo,dildo,male sex doll,sex chair,vibrators,sex doll,sex dolls,sex doll anchor

Posting Komentar