Pages

Sabtu, 05 Januari 2013

Teknologi : Awalnya Nothing, menjadi Penting !


Dewasa ini sering sekali orang membicarakan tentang teknologi, tentang kecanggihannya, kecepatannya, dan segala keajaiban yang dipamerkan olehnya seperti mempunyai daya tarik tersendiri. Banyak orang yang tergila-gila dan tidak bisa lepas dari kecanggihan teknologi masa kini. Sungguh sebuah fenomena, dahulu teknologi sangatlah sulit untuk dijamah apalagi dinikmati keistimewaannya oleh kalangan bebas. Sehingga banyak orang menyepelekan teknologi dan kemajuannya. Namun, sekarang masyarakat diseluruh pelosok dunia sangat mengagung-agungkan  dan menggantungkan hidupnya pada teknologi.
Teknologi adalah suatu kesatuan sarana yang menyuguhkan berbagai hal yang dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kelangsungan hidupnya. Sebelum abad ke-20, istilah teknologi (technology) sangatlah tidak lazim dalam bahasa Inggris dan banyak kalangan yang tidak mengetahui apa itu teknologi. Sebagian orang mengenal teknologi adalah merujuk pada sebuah penggambaran tentang karya seni yang berguna atau sering kali dihubungkan pada pendidikan yang berbau teknik. Sehingga pada permulaan abad ke-20, seorang ilmuan sosial asal Amerika, Thorstein Veblen menerjemakan technik dalam gagasan-gagasan Jerman menjadi technology.  Sehingga pada pertengahan abad ke-20 teknologi mendapat peringkan nama teratas, karena keberhasilannya meninggalkan atmosfer bumi dan menjelajahi ruang angkasa. Dari situlah mulai banyak bermunculan para ilmuan-ilmuan teknologi yang kreatif dengan berbagai teori-teorinya yang sampai detik ini masih dikembangkan dan dipelajari oleh seluruh bangsa di dunia.
Seorang sosiolog Amerika bernama Read Bain pada tahun 1937, mengemukakan bahwa “ Technology includes all tools machines, utensils, weapons, instruments, housing, clothing, communicating and transportingdevices and the skills by which we produce and use them” yaitu “ Teknologi meliputi semua alat, mesin, aparat, perkakas, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut atau pemindahan dan pengomunikasian, dan keterampilan yang memungkinkan kita menghasilkan semua itu”.
Definisi tersebut terbukti pada teknologi masa kini. Teknologi sekarang sangatlah luas jangkauan dan tidak memandang dalam aspek dan bidang tertentu. Diberbagai bidang rata-rata menggunakan bantuan teknologi untuk mengakses dan menghindari diri dari sebuah ketinggalan dalam sebuah peradaban dan persaingan industri global. Jadi kemajuan teknologi adalah suatu yang sangat penting untuk diikuti, karena kita tidak memungkiri bahwa manusia hidup itu tidak bisa lepas dari kemajuan zaman. Sedangkan kemajuan zaman saat ini masih dipegang oleh teknologi yang moderen yang menguntungkan, dan mempermudah penggunanya. Siapkan filter diri dan wujudkan teknologi yang berkarakter dan positif dalam lingkungan pendidikan Indonesia. Tetap semangat dan terus berprestasi !! 

0 komentar:

Posting Komentar